Workshop Pembuatan RPP Berdiferensiasi [Aksi Nyata 3.2 - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya]


Pendahuluan

Pada Aksi Nyata 3.2, saya ingin menularkan salah satu materi dalam diklat CGP yaitu Pembelajaran Berdiferensiasi kepada rekan sejawat di sekolah tempat saya bertugas, melalui kegiatan workshop pembuatan RPP Berdiferensiasi yang lengkap dan sistematis.

Kompetensi guru sangat menentukan mutu pendidikan. Oleh sebab itu, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, disebutkan bahwa guru wajib menguasai 4 dimensi kompetensi antara lain pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial. Kompetensi pedagogik adalah kemampuan atau keterampilan guru mengelola proses pembelajaran atau interaksi belajar mengajar dengan peserta didik. Kompetensi kepribadian berkaitan dengan karakter guru, yang wajib dimiliki agar menjadi teladan bagi para peserta didik dan harus mampu mendidik para muridnya agar membantu mereka memiliki kepribadian yang baik. Kompetensi profesional ini adalah kemampuan atau keterampilan yang harus dimiliki guru agar tugas-tugas keguruan dapat diselesaikan dengan baik dan benar, ini berkaitan dengan hal-hal yang teknis dan berkaitan langsung dengan kinerja guru. Kompetensi sosial merupakan kemampuan guru untuk berkomunikasi secara efektif dengan peserta didik, tenaga kependidikan, orang tua/wali peserta didik, dan masyarakat sekitar. 

Mempertimbangkan tuntutan revolusi industri 4.0, aksi nyata pembentukan karakter profil pelajar Pancasila, dan pemenuhan belajar berpihak pada murid maka dipandang perlu kegiatan workshop pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dapat mengakomodasi kepentingan tersebut. Workshop Pembuatan RPP yang lengkap dan sistematis dengan mempertimbangkan diferensisasi serta kebutuhan murid dipandang tepat untuk dipilih saat ini.


Dasar Kegiatan

Dasar pelaksanaan kegiatan ini adalah:
  1. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
  2. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen;
  3. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Kelulusan;
  4. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 22 tahun 2016 tentang Standar Proses;
  5. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 23 tahun 2016 tentang Standar Penilaian;
  6. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 160 tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum tahun 2006 dan Kurikulum 2013;
  7. Hasil sosialisasi program kegiatan pada hari Kamis tanggal 30 September 2021 tentang rencana pelaksanaan Workshop Pembuatan RPP Berdiferensiasi tahun 2021.

Tujuan 

Kegiatan Workshop Pembuatan RPP Berdiferensi ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar murid melalui implementasi RPP yang lengkap dan sistematis yang telah dibuat oleh guru.


Tata Tertib Peserta

Sehubungan dengan pertimbangan keselamatan, kesehatan, dan kebutuhan peningkatan kompetensi maka dalam workshop ini dibuat tata tertib sebagai berikut.

  1. Peserta dimohon hadir 10 menit sebelum kegiatan dimulai.
  2. Setiap peserta wajib mengikuti kegiatan dengan penuh tanggung jawab.
  3. Peserta diwajibkan menaati protokol kesehatan, terutama dengan menggunakan masker serta hand sanitizer.
  4. Setiap peserta wajib membawa laptop dan rol kabel listrik.
  5. Setiap peserta diharapkan membawa dokumen 2 (Silabus) dan dokumen 3 (RPP) serta perangkat KBM lain yang dimiliki.
  6. Distribusi materi dan file hanya melalui media internet, tidak melalui flashdisk/harddisk.
  7. Setelah selesai kegiatan, peserta wajib mengimplementasikan RPP hasil workshop di kelasnya masing-masing.
  8. Peserta diharapkan dapat mendiseminasikan pembuatan RPP kepada rekan sejawat dalam satu MGMP di sekolah.

Waktu dan Tempat

Workshop akan dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 7 Oktober 2020 pukul 07.30 – 15.00 bertempat di Ruang Rapat SMP Negeri 1 Punggur. 

Peserta

Peserta dalam workshop ini adalah perwakilan dari guru mata pelajaran dengan daftar sebagai berikut.



Kepanitiaan

Panitia workshop adalah sebagai berikut.




Narasumber

Narasumber dalam workshop pembuatan RPP Berdiferensiasi yang lengkap dan sistematis adalah Bapak Nur Hasanuri, M.Pd. (Guru SMP Negeri 1 Trimurjo).


Struktur Materi Workshop


Struktur materi diklat ini adalah sebagai berikut.



Jadwal Kegiatan

Jadwal workshop adalah sebagai berikut.


Dampak

Dampak yang diharapkan dalam kegiatan ini adalah guru mampu mengimplementasikan RPP Berdiferensiasi yang telah dibuatnya sehingga dapat mewujudkan murid di kelasnya yang:

  1. Senang mengikuti proses pembelajaran
  2. Aktif dalam mengerjakan tugas
  3. Berpartisipasi dalam proses pembelajaran
  4. Dapat Bekerja sama dengan murid lain
  5. Puas dalam mengikuti proses belajar


Dokumentasi Kegiatan

Rapat Persiapan Workshop, melibatkan Kepala Sekolah, waka kurikulum, dan ketua TPMPS



Registrasi Peserta Kegiatan
Sesi Pembukaan

Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah Aktif Memantau

Sesi Paparan Materi Oleh Narasumber

Sesi Presentasi RPP

Sesi Presentasi RPP dan Pembahasan

Refleksi dan Rencana Tindak Lanjut dilanjutkan Penutupan

Foto Bersama Pasca Penutupan




















Komentar

  1. Keran Pak..ilmu baru, khususnya bagi saya. sekarang sudah mulai faham meskipun masih banyak yg harus saya pelajari lagi tentang pembelajaran berdiferensiasi yang tujuan akhir, kebutuhan murid dalam pembelajaran dapat terpenuhi.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diseminasi Pengambilan Keputusan Sebagai Pemimpin Pembelajaran di SMPN 1 Punggur

Koneksi Antarmateri - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid